Kamis, 14 Juni 2012

Mengenal lebih jauh Superman Is Dead

Di Indonesia kini banyak sekali grup band, dari yang beraliran melayu, pop, retro, alternative rock, sampai metal mewarnai musik Indonesia. namun fans grup band asal bali lah yang paling banyak dan kali ini saya akan memperkenalkan lebih jauh grup band yg bernama Superman Is Dead (disingkat SID) yang bermarkas di poppies lane II - kuta Bali. grup band ini terdiri dari 3 pemuda asal bali yaitu : Bobby kooL sebagai gitaris dan vokalis, Eka rock sebagai bassist dan backing vokal, dan Jerinx sebagai drummer.

 Pada awal mula kemunculan sekitar akhir tahun 1995, SID terpengaruh gaya musik dari band - band asing seperti Green Day dan NOFX . di kemudian hari inspirasi SID bergeser ke genre Punk 'n Roll a la grup musik Supersuckers, Living End, dan Sosial Distortion.
Penggemar Superman Is Dead disebut Outsiders untuk laki-laki dan Ladyrose untuk wanita.
Pada sejarahnya awal mula terbentuknya SID dimotori oleh anggota band heavy metal thunder yang bernama Ary Astina yang sering dipanggil Jerinx,yang ingin membentuk band baru, dan drummer band new wave punk diamond clash yang bernama Budi Sartika yang biasa dipangil Bobby kooL yang ingin menjadi gitaris dan vokalis.Jerinx dan Bobby bertemu di kuta Bali. dan mereka pun sepakat untuk membentuk sebuah band. pada saat itu bass masih diisi oleh additional bassist bernama ajuzt, band mereka awalnya hanya membawakan lagu-lagu Green Day.
Hari berganti hari datanglah personil baru yang bernama Eka Arsana yang biasa dipanggil Eka Rock, Eka menjadi resmi sebagai personil SID, dulu nama bandnya bukan Superman Is Dead tetapi Superman Is Silver Gun. kemudian karena nama Superman Is Silver Gun kurang cocok bergantilah menjadi Superman Is Dead atau SID. Superman Is Dead mempunyai arti bahwa manusia yang sempurna hanyalah ilusi belaka dan imajinasi manusia tidak akan pernah ada.
Seiring berjalannya waktu SID pun merilis album perdana yang berjudul Kuta Rock City pada maret 2003 dibawah label Sony Music Indonesia. dengan single-single andalannya yaitu punk hari ini dan kuta rock city yang kental dengan pengaruh Green Day dan NOFX langsung membuat nama SID disejajarkan dengan band-band rock. sampai sejauh ini Superman Is Dead telah membuat 4 album yaitu : Kuta Rock City (2003), The Hangover Decade (2004), Black Market Love (2006), dan Angel And Outsiders (2009).
Album keempat ini menuai keberhasilan, salah satunya adalah SID diundang ke Warped Tour Festival di Amerika Serikat dan melaksanakan tour dibeberapa kota di USA. Ini merupakan keberhasilan SID karena merupakan satu-satunya band Indonesia dan band kedua di Asia yang dipanggil ke Warped Tour walaupun album mereka tidak dirilis di USA.
Walaupun nama SID kini meredup karena banyaknya band-band baru yang umumnya beraliran pop dan melayu namun SID tetap bersinar dikancah international dan Fans SID yang bernama outSIDers n Ladyrose pun selalu setia dengan SID.

1 komentar: