Minggu, 03 Juni 2012

Facebook SID peringkat 3 terbesar


Superman is Dead atau disingkat S.I.D. bukan nama baru di peta musik Indonesia. Band asal Bali yang berdiri sejak 1995 ini sudah menelurkan 4 album, dan hasil statistik Salingsilang menunjukkan bahwa SID menduduki peringkat 3 Facebook page Indonesia kategori selebriti dengan fans terbanyak dengan jumlah 2.358.297 fans.
Jika SID adalah ST12 dan Ungu yang memang sering wira-wiri di televisi dan muncul di berbagai event besar, tentu hal ini terdengar biasa saja. Bahkan dua band tadi masing-masing menempati peringkat 10 dan 17 saja. SID sendiri memang merupakan band dari label major (SonyBMG), namun mereka jelas bukan tipe band berlabel major lain yang sering Anda saksikan di program musik televisi seperti Inbox atau Dashyat.  Tetapi ini nggak membuat popularitas Jerinx (@JRX_SID), Bobby dan Eka (@baliekarock) kalah dibanding band lain. Jalur musik yang berbeda dan fans yang fanatik bin loyal menjadi salah satu kunci SID. Jika banyak band lain yang melakukan penyesuaian dengan selera pasar Indonesia yang (katanya sih kalau sekarang)  melayu, SID konsisten dengan aliran rock, lebih tepatnya punk.
SID mungkin nggak bisa menarik fans baru yang seleranya nggak rock, namun fans yang berhasil mereka genggam kemungkinan besar akan loyal karena dua hal. Satu, faktor SID sendiri yaitu musik dan attitude personil. Kedua adalah fakta bahwa nggak banyak band rock Indonesia yang bisa terus konsisten berkarya seperti mereka. Hal yang mirip juga terjadi dengan band punk asal Bandung Rocket Rockers yang menduduki no. 29 di MTV Music Meter. Jadi, apakah ini pertanda untuk band Indonesia supaya jangan khawatir nggak bisa meraup fans jika tetap berada di jalur rock yang sering disebut tidak komersil? Bermodal materi oke dan bisa membangun basis penggemar di media sosial yang kuat, bisa jadi label dan sponsor yang justru mengejar band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar